10 Ikan Berwajah Paling Menyeramkan Di Dunia

Info artikel tentang 10 Ikan Berwajah Paling Menyeramkan Di Dunia tentang artikel 10 Ikan Berwajah Paling Menyeramkan Di Dunia ini, semoga info atau artikel ini juga dapat berguna bagi Anda, serta menambah wawasan bagi Anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa like dan share nya ya! Selamat Membaca!

10 Ikan Berwajah Paling Menyeramkan Di Dunia - Di dunia ini banyak sekali species ikan, di perairan air tawar saja baru ditemukan sekitar 27 ribu species sedangkan di perairan laut menurut Cencus of Marine Life mencapai 950 ribu species itupun hanya sebagian kecil saja yang baru berhasil di kelompokkan oleh para ilmuwan biologi laut. Setiap species ikan mempunyai ciri dan bentuknya masing-masing, ada yang kelihatan biasa-biasa saja, lucu bahkan kelihatan menyeramkam. Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba membahas 10 ikan berwajah paling menyeramkan di dunia. Bagaimana bentuk rupa ikan-ikan tersebut, berikut ulasannya.

1. Goliath Tigerfish


Dari namanya saja sudah sangat menyeramkan. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang bisa dibilang cukup besar, panjangnya bisa mencapai 1,8 meter dan memiliki rahang yang sangat menyeramkan yaitu 32 gigi besar beruncing tajam. Habitat aslinya berada diperairan sungai Afrika.

Ikan ini dikenal sebagai predator dan petarung hebat, juga terkenal akan kekuatan dan kecepatannya. Selain sangat ditakuti para nelayan, ikan Goliath juga seringkali membunuh hewan predator lainnya, yaitu buaya. Di Afrika sendiri, ikan ini mendapat julukan ikan piranha raksasa si pemakan buaya.

2. Payara (Vampire Fish)


Ikan Payara mirip ikan Piranha (versi besar), namun anatomi gigi dari ikan Payara ini jauh lebih berbahaya sebab pada bagian bawah mulutnya terdapat taring gigi yang panjangnya mencapai 4-6 inci. Ukuran tubuhnya pun bisa dibilang cukup besar, rata-rata mencapai 1,17 meter dengan berat minimal 18 kg.

Ikan Payara menjadi salah satu predator palng menakutkan di sungai Amazon, ia mampu melahap mangsanya meskipun ukuran tubuhnya sama dengannya. Ikan Payara termasuk kedalam kelompok vampire fish (ikan vampir) bersama dengan ikan Cndiru dan Lamprey, dimana kelompok ikan ini paling banyak menyebabkan kematian bagi para nelayan dan penyelam.

3. Hiu Goblin


Ikan Hiu Goblin ukuran tubuhnya bisa mencapai 1,26 meter, dengan tampang yang sangat menakutkan karena mempunyai gigi-gigi runcing serta tanduk di kepalanya bagaikan ujung tombak. Menurut penelitian, "tombak" Hiu Goblin berfungsi untuk mendeteksi aliran listrik yang dibuat oleh mangsanya, yaitu cumi-cumi, kepiting dan udang kecil.

Perbedaan Hiu Goblin dengan hiu kebanyakan yang mempunyai sisik keras, Hiu Goblin mempunyai kulit yang cukup lembut berwarna merah muda, insangnya pun bukan berwarna merah melainkan biru. Hiu Goblin tergolong sebagai hiu prasejarah, karena keberadaannya di perkirakan sudah ada sejak 125 juta tahun silam, jauh sebelum manusia prasejarah.

4. Sarcastic Fringehead


Pertama kali kita melihat ikan ini, bagaikan jelman antara komodo dengan ular kobra. Mulut ikan ini bisa terbuka lebar sambil memamerkan gigi taringnya untuk menggertak hewan-hewan predator yang mendekatinya. Meski tampangnya sangar, tapi ukuran ikan ini kecil sekitar 30 cm.

5. Fanfin Seadevil


Fanfin Seadevil atau Caulophryne jordani adalah jenis Anglerfish dengn rupa paling menyeramkan di perairan lautan. Yang membuat berbeda dengan jenis Anglerfish lainnya adalah Fanfin Seadevil tidak mempunyai lampu di ujung sungutnya untuk memancing ikan kecil.

ikan Fanfin Seadevil bisa ditemukan di laut dalam. dan karena tubuhnya tidak mempunyai zat terang, ikan ini nyaris mustahil terlihat di habitatnya.


6. Chinese Paddle Fish


Ikan ini dijuluki sebagai raja sungai Yangtze. Sejak tahun 1983, ikan ini sudah sangat sulit ditemukan. Tapi untungnya, sebelum mendekati kepunahan para pelestari alam telah menangkar beberapa pasang ikan Chinese Paddle Fish ini.

7. Bagarius Yarelli


Ikan berwajah seram yang mirip lele ini, di Indonesia dikenal dengan nama Ikan Dalum, kalau orang Jawa mengenalnya dengan nama Ikan Kelaling. Habitat asli ikan ini berada di Asia Selatan dan Asia Tenggara, seperti sungai Pharaya (Thailand), sungai Merah (Vietnam), sungai Gangga (India) termasuk juga Indonesia.

8. Fangtooth


Ikan ini mempunyai rupa bagaikan tengkorak namun dihiasi dengan gigi-gigi runcing yang berjajar di mulut lebarnya. Ikan dengan tubuh bersisik bak duri ini dapat ditemukan di laut dengan kedalaman 500-2000 meter dengan batas cahaya yang gelap.

9. Alligator Gar


Alligator Gar dikenal sebagai predator yng tidak agresif alias malas. Ia jarang sekali berburu, ia hanya menunggu mangsa yang lewat didepan teritorialnya kemudian aakn menerkamnya dengan kecepatan yang sangat luar biasa.
Baca juga :
? 7 Hewan Hybrid Paling Menakjubkan Di Dunia
? 7 Laba-Laba Paling Beracun Dan mematikan Di Dunia
? 7 Raksasa Paling Menyeramkan Di Dunia
10. Piraiba Catfish


Piraiba Catfish menjdi ikan paling disegani sekaligus menyebalkan. Para nelayan seringkali perahunya dibuat tenggelam, ini terjadi ketika para nelayan secara tidak sengaja pancingnya mengenai Piraiba Catfish. Dengan berat rata-rata 272 kg dan panjang tubuh lebih dari 3 meter, bukan hal yang sulit bagi Piraiba Catfish untuk menyeret para nelayan beserta perahunya sampai terbalik  kedalam sungai. Bahkan ikan ini pernah menelan seorang nelayan.



Demikian artikel tentang 10 Ikan Berwajah Paling Menyeramkan Di Dunia yang dapat kami sampaikan semoga artikel atau info tentang 10 Ikan Berwajah Paling Menyeramkan Di Dunia ini, berkenan dan bermanfaat. Jangan lupa like dan share nya ya!