Makna Festival Holi Yang Berwarna-Warni, Turut Di Rayakan Google Doodle.

Makna Festival Holi � Sekilas ada yang berbeda ketika kita membuka halaman google pada hari ini, tulisan google Nampak warna-warni dilayar kaca, bagaikan ditabur bubuk warna. Sebenarnya tepat pada hari ini rakyat india merayakan festival holi, ini adalah festival dan ritual yang rutin mereka gelar setiap tahunnya. Salah satu grup band terkenal coldplay juga menggunakan konsep ini pada album mereka yang bertajuk A Heard Full of dreams, bahkan di salah satu video klip lagu mereka menggunakan tema festival holi di india.


Nah sebenarnya apa sii makna festival holi itu? Kalo di flashback beberapa tahun lalu mungkin kita ingat dengan film kuch kuch hotta hai, kalo ga ingat berarti kamu masih kecil saat ini. Nah dalam film tersebut ada scene dimana mereka sedang merayakan perayaan holi, sebenarnya acara ini tidak hanya dilakukan di india saja, karena ini adalah merupakan festival orang hindu yang masih memegang erat budaya mereka.



Dalam festival Holi yang juga dirayakan google pada hari ini, bermaksud untuk menyambut musim panas. Dan memiliki filosofi yang ditanamkan, Festival Holi Mencontohkan kemenangan kebaikan melawan kejahatan yang Tergambar Jelas Saat Peserta Festival Holi Tersebut Melakukan aksi Saling Lempar Dengan tepung yang berwarna warni, inilah kenapa Festival Holi disebut Juga dengan Pesta Warna.


Dan menurut Wikipedia bahwa umat hindu dalam merayakan festival holi color tidak menggunakan penaggalan yang tetap, namun hal yang cukup mencengangkan adalah festival ini dirayakan selama 16 hari, Kebayangkan kalo anda tinggal disana pas festival holi color, mungkin baju anda gak akan ada yang bisa bersih.


Seiring dengan perkembangan zaman dan era globalisasi, festival ini tidak hanya dimilki oleh orang india atau yang beragama hindu saja, namun juga menjadi budaya global. Gak usah jauh-jauh di Indonesia juga mengimplementasikan budaya tersebut, walaupun tidak dalam makna festival holi color yang sebenarnya. Festival holi di indoensia hanya dilakukan untuk event saja, dan hanya dilakukan semata-mata untuk hiburan.


Dan demikian adalah penjelasan singkat tentang makna festival holi yang dirayakan pada hari ini sampai 15 hari kedepan oleh pemeluk agama hindu khususnya di india.