Biodata dan Profil Rio Haryanto Lengkap dengan Prestasinya


Siapa yang tidak kenal dengan nama Rio Haryanto, yang sedang booming saat ini di berbagai media baik elektronik maupun cetak karena prestasinya yang membanggakan Indonesia. Tak khayal, biodata Rio Haryanto menjadi buruan masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan tahu kehidupan atlet balap muda dengan segudang prestasi tersebut.  Nama Rio Haryanto semakin terkenal dan populer di Indonesia bahkan dunia karena prestasinya sebagai pembalap F1 di team Manor Racing. Rio secara resmi dikontrak oleh tim Manor sebagai salah satu pembalap F1nya di musim balapan 2016 ini. Rio menjadi pembalap pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara yang berhasil menembus ajang balap mobil paling tinggi dan paling prestis dunia. Jika Anda ingin lebih mengenal sosok muda berprestasi ini, tak ada salahnya menyimak biodata Rio Haryanto dan prestasi yang Ia raih di bawah ini.

Biodata Rio Haryanto dan Prestasinya di Dunia Balap dan Luar Balap


Biodata



     1.        Nama                            : Rio Haryanto  
                   
     2.        Tempat, Tanggal Lahir   : Solo, 22 Januari 1993

     3.        Orang Tua                     : Sinyo Haryanto (Ayah) dan Indah Pennywati (Ibu)

     4.        Saudara                        : Rizky Haryanto, Roy Haryanto dan Ryan Haryanto

     5.        Agama                          : Islam

     6.        Golongan Darah            : O

     7.        Alamat                          : Jl. Slamet Riyadi No.358 , Solo, Jawa Tengah

    8.        Tim                               : Manor Racing

     9.        Warna Favorite              : Merah dan Hitam

   10.       Makanan Minuman Favorite: Pecel, Pasta, Waffle Kering dan Air Mineral


Prestasi Di Dunia Balap:



1.       1999
Biodata Rio Haryanto bisa dilihat sejak Ia kecil dimana bakat Rio di dunia balap profesional memang sudah terlihat. Terbukti, saat Rio masih berusia 6 tahun, dia berhasil menjuarai ajang Gokart kelas Kadet di tingkat nasional.

2.       2005  dan 2006
Sejak usia 6 tahun, Rio terus menggeluti dunia Gokart dengan banyak prestasi. Wajar saja, Rio mendapat gelar sebagai Atlet Gokart Terbaik Junior dari IMI 2008.

Tahun 2008, karir Rio muda semakin terlihat cemerlang di dunia balap mobil dengan beberapa kemenangan yang diraihnya seperti juara 1 ajang Asian Karting Open Championship seri 1, posisi ketiga di ajang Formula Asia 2.0 dan posisi keenam di ajang Formula Renault Asia.

3.      2009
Prestasi terbaik Rio sebagai pebalap profesional di dunia internasional adalah juara 1 di ajang  Formula BMW Pacific.

4.       2010
Rio meraih prestasi di posisi kelima pada ajang GP3 Series dan mendapat kesempatan untuk Formula 1 Test, Virgin VR-01.

5.       2016
Prestasi tertinggi dan paling membanggakan yang diraih oleh Rio Haryanto adalah menjadi pembalap F1 untuk tim Manor Racing.

Berdasarkan biodata Rio Haryanto dan prestasinya, Rio juga berprestasi di luar dunia balap dengan menjadi Duta Nasional Anti-Narkoba pada tahun 2009. Rio menjadi atlet nasional satu-satunya yang meraih gelar tersebut. Dipilihnya Rio bukan tanpa alasan, Rio memang anak muda yang bebas Narkoba dan sudah menjalani gaya hidup sehat sejak berusia 9 tahun. Tugas Rio adalah memberikan motivasi bagi anak muda lainnya agar tidak terjebak narkoba.

Rio juga dipilih sebagai Duta Komodo pada tahun 2010. Tugas Rio adalah untuk mempromosikan hewan langka Komodo dan Pulau Komodo sebagai salah satu Tujuh Keajaiban Dunia yang baru di setiap pertandingan balap internasionalnya atau kepada orang-orang terdekatnya. Pada 2010, memang diadakan vote untuk pemilihan New Seven Wonders dan Rio ikut berkampanye. Sejak itu, hewan favorit Rio adalah Komodo.

Demikianlah ulasan singkat mengenai biodata Rio Haryanto beserta prestasinya baik di dunia balap maupun dunia luar balap. Rio memang wajar dijadikan pemuda kebanggaan Indonesia atas semua prestastinya dan kecintaannya terhadap Indonesia. Semoga artikel ini bisa membuat Anda lebih mengenal sosok muda bertalenta asal Solo ini dan bisa menginspirasi Anda untuk berprestasi dan membanggakan negara Indonesia.