Syarat dan Cara Daftar BPJS Online Tanpa NPWP


Seperti yang Anda ketahui, bahwa pemerintah Indonesia telah melakukan banyak usaha untuk membantu masyarakat mendapatkan jaminan sosial dan kesehatan, seperti salah satunya adalah BPJS. Namun, masih banyak orang yang mengeluhkan cara pendaftarannya yang rumit. Berikut ini akan disampaikan beberapa cara daftar bpjs online tanpa npwp yang sangat mudah dilakukan. Selain cara online, adapula cara offline. Anda bisa memilih cara mana yang menurut Anda paling mudah untuk Anda lakukan. Meskipun masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Namun, Anda tetap dapat melakukan salah satu pilihan cara tersebut dengan mudah. 

Cara Daftar BPJS Online Tanpa NPWP Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Bagi Anda yang tidak ingin repot-repot antri menunggu giliran saat daftar bpjs secara offline, cara daftar bpjs online tanpa npwp mungkin adalah pilihan terbaik. Yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan jaringan internet yang cepat. Langkah pertama tentunya adalah mengunjungi situs website resminya. Jika sudah terbuka, Anda akan masuk ke halaman utama yang akan membimbing Anda memenuhi ketentuan dan syarat yang harus Anda penuhi untuk melakukan pendaftaran online. Setelah mencentang pada kotak persetujuan, Anda bisa mengklik tombol pendaftaran.


Setelah itu, cara daftar bpjs online tanpa npwp selanjutnya adalah mencentang pada kotak pernyataan. Di sana, harus mengisi nomor KK yang diminta dan jika sudah selesai ketik kode captha pada kotak yang tersedia sesuai dengan gambar yang muncul di layar. Kemudian klik pada tulisan inquery kartu keluarga. Setelah itu,akan muncul secara otomatis daftar untuk anggota keluarga yang harus dipilih. Jika Anda sudah selesai memilih, klik pada tombol yang bertuliskan proses selanjutnya. Di langkah selanjutnya akan muncul tampilan formulir berisi informasi yang harus dilengkapi seperti nomor telepon, kelurahan, dan alamat sesuai dengan yang tertera pada KTP Anda.


Langkah berikutnya adalah memilih fasilitas kesehatan tingkat I yang sangat penting untuk dijadikan rujukan saat Anda membutuhkannya. Lalu, Anda juga harus mengunggah foto dengan ukuran tidak lebih dari 50 kb, dan klik pada proses selanjutnya. Di halaman ini Anda akan kembali mengisi formulir data seperti peserta bpjs yang termasuk anggota keluarga, kelas perawatan, nomor dan nama pemilik rekening bank, nomor handphone dan alamat email. Seperti sebelumnya, Anda harus mengisi kode captha yang diminta, lalu selanjutnya bisa langsung klik kirim email.

Kemudian, yang Anda harus lakukan selanjutnya adalah membuka akun email Anda dan mengecek kotak masuk. Lalu, klik pada url aktifasi yang telah diberikan untuk mendapatkan nomor virtual account milik Anda. Itulah tahap akhir dari cara daftar bpjs online tanpa npwp. Anda bisa melanjutkan proses pembayaran yang bisa dilakukan langsung ke bank ataupun lewat internet banking. Jika sudah selesai melakukan pembayaran, Anda bisa mengambil kartu di kantor bpjs dengan membawa bukti pembayaran, fotokopi surat nikah, ktp, foto berukuran 3x4 dan formulir pendaftaran yang sudah dicetak.


Kelebihan cara online ini tentunya menyingkat waktu antri saat daftar secara offline, dan bisa lebih efisien karena Anda tidak perlu repot-repot membawa dokumen yang dibutuhkan untuk pengisian data. Namun, cara online tetap memiliki kekurangan yaitu kendala pada server yang sibuk. Hal itu bisa diatasi dengan cara melakukan pendaftaran online saat tengah malah saat kebanyakan orang sedang tidak memakai server tersebut. Itulah langkah-langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk cara daftar bpjs online tanpa npwp.