5 PESAWAT TERBANG TERBESAR DI DUNIA


Dari dulu pesawat terbang telah dijadikan sebagai alat transportasi jarak jauh yang efektif, pesawat bisa mengangkut banyak orang sekaligus. Selain dapat menampung banyak orang ,pesawat juga lebih cepat jadi siapapun yang berpergian jauh menggunakan pesawat akan bisa lebih menghemat waktu. Namun taukah anda pesawat-pesawat apa saja yang terbesar yang bisa mengangkut banyak penumpang. Berikut ini adalah 5 pesawat terbang terbesar di dunia :

1.AIRBUS A300-600ST (BELUGA)


Pesawat terbang terbesar di dunia yang pertama adalah Airbus beluga(super transport). Bentyk pesawat ini memang tidak biasa, karena bentuk normal pesawat ini telah di modifikasi demi kebutuhan. Beluga mampu mengangkut perlengkapan bagian-bagian pesawat terbang dan kargo yang kelebihan bebang angkut.

2.ANTONOV AN-124


Antonov kedua adalah pesawat angkut kargo udara strategis dengan basis mesin jet. Pesawat besar ini di rancang oleh Antonov di SSR ukraina. merupakan kargo terbesar yang diproduksi dunia dan pesawat kargo operasi terbesar kedua di dunia setelah Antonov An-225.

3.BOEING C-17 GLOBEMASTER III


Pesawat yang dimilki oleh angkatan udara amerika serikat (USAF) ini, merupakan salah satu pesawat transport militer terbesar di dunia. Pesawat yang membawa nama dua pesawat sebelumnya yang bermesin piston militer kargo, Douglas C-74 Globemaster dan Douglas C-124 Globemaster II.C-17 biasanya menjalankan misi strategis, seperti membawa taktis, tim medis, dan penerjunan udara atau mengangkut kargo dari seluruh dunia.

4.BOEING 777


Sebuah pesawat produksi Boeing Comercial Airplanes ini yakni boeing 777, merupakan salah satu pesawat komersil terbesar dengan mesin dual jet di dunia. Cirri-ciri pesawat ini memilki 6 roda pendaratan utama per set, fuselage bundar sempurna, dan tailcone yang mirip dengan mata pisau. Boeing 777 bisa mengankut penumpang sampai 550 orang ,dan menempuh jarak sejauh 16.400 kilometer.

5.CONVAI B 63 (PEACEMAKER)



Dan yang terakhir adalah convai b-63 adalah pesawat pembom strategis yang di produksi oleh cnvair, dan pemakainnya oleh angkatan udara amerika (U.S Air Force). Peacemaker pernah membawa mesin nuklir salah satu senjata nuklir di gudang senjata AS dari dua slot bom tanpa modifiaksi pesawat. Pesawat ini memiliki lebar seyap terpanjang dari setiap pesawat tempur lainya yang pernah dibuat.